Selasa, 12 Mei 2015

Berapa lama kah sound delay, sampai delay itu dapat dirasakan ?


Sound Delay atau Lagging atau Latency, menurut saya merupakan waktu yang diperlukan suara untuk sampai ke pendengar akibat suatu jarak maupun suatu proses, yang disadari maupun yang tidak disadari. di Industri-industri tertentu sound delay sangat Critical , seperti dalam industri perfilman, Sound system, dan video game / mesin game.

Dari beberapa sumber saya menemukan angka-angka seberapa lama kah delay tersebut sampai delay menjadi menggangu atau membuat tidak nyaman.


sumber : wikipedia - Audio to Video Synchronization
  • Untuk televisi, Audio seharusnya lebih cepat dari video tidak lebih dari 15 ms dan,
    audio seharusnya terlambat dari video tidak lebih dari 45 ms.
  • Untuk Film, Lip Sync yang dapat diterima adalah tidak lebih besar dari 22 ms (lead/lag).
  • Latency biasanya berkisar 0.5 ms - 10 ms dengan beberapa proses tambahan bisa mencapai 30 ms.
  • Dalam satu studi, pendengar menyadari latency saat latency lebih besar dari 15 ms.
  • Dalam video games, adanya Delay/Lag dapat menjadi masalah serius. dengan penambahan delay 50 ms sampai 100 ms anda tidak bisa menikmati video games tersebut.
  • Gamer dapat menyadari perbedaan dari lag dari 50 ms sampai 100 ms.
  • Bila sering dimainkan, Gamer dapat menyadari bila ada lag 20 ms sampai 50 ms.
  • Ini perlu dicatat bahwa kita mempertimbangkan apa pun di bawah 40ms sebagai "baik," 40 sampai 70ms sebagai "sedang," dan apa pun yang lebih tinggi sebagai "buruk."
sumber : atsc 
  • Deviasi: +90 ms sampai -185 ms masih dapat diterima/dipertimbangkan
  • Undetectable dari -100 ms sampai +25 ms
  • Detectable dari -125 ms sampai +45 ms
  • Tidak dapat diterima jika  diatas -185 ms dan +90 ms
Dari berbagai sumber diatas kita mendapat angka terbesar untuk delay yaitu 185 ms dan untuk lead yaitu 90 ms.

Dalam beberapa kasus mungkin kita akan bertemu dalam suatu keadaan dimana kita tidak bisa mengurangi/mempersempit delay tersebut setelah kita menambahkan beberapa proses.

Ini yang saya alami, saya sedang men-design machine game, dan saya mendapat masalah dengan delay, karena game ini talk ke banyak sensor dan tiap sensor akan mengirim logic untuk men-generate audio. dan saya khawatir delay dari sensor ter-trigger sampai audio terdengar itu cukup besar untuk disadari pemain. untuk mengatasi masalah tersebut, saya bisa mencoba hal-hal berikut :

  • Memberi backsound yang cukup mengganggu fokus pendengar sehingga sulit menyadari adanya delay
  • Membuat semua sensor memiliki delay yang sama, sehingga pendengar tidak memiliki pembanding untuk mambantu menyadari adanya delay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latest Posts